Bacaan, Bacaan Kitab Suci, bait allah, Firman Tuhan, iman, Kitab Suci, Komsos KWI, Konferensi Waligereja Indonesia, KWI, penyejuk iman, Perjanjian Lama, pewartaan, sabda tuhan, Ulasan eksegetis, XXXIV/C, Yesus Juruselamat
Ilustrasi: findshepherd.com

RAJA MACAM APA DIA ITU?

Rekan-rekan peminat Injil!

Pada hari raya Kristus Raja Semesta Alam 24 November 2019 ini untuk penghabisan kalinya Injil Minggu diambil dari “Injil menurut Lukas”. Romo Gus kalian, nyuru saya menegupasnya langsung di sini. Dia sendiri barusan dapat jabatan eselon atas di Biblicum Roma sehingga semakin suka perintah sana sini. Tapi oke deh, meski agak lambat, ini deh ulasan saya. Ringkasnya, Luk 23:35-43 mengisahkan bagaimana Yesus yang bergantung di salib diolok-olok tiga macam orang, yakni para pemimpin (ayat 35), para serdadu (ayat 36), dan bahkan oleh salah seorang penjahat yang ikut disalibkan bersama dia (ayat 39). Cemoohan mereka intinya begini: kalau memang benar dipilih Allah jadi “Mesias”, “Raja”, dan “Kristus”, coba selamatkan diri sendiri dulu! Orang sekarang akan bilang, apa dasar bagi klaim sebesar itu.

CEMOOH DAN GODAAN

Kalian masih ingat kan, peristiwa itu juga pernah disampaikan oleh Mark (Mrk 15:29-32) yang jadi sumber Matt (Mat 27:39-44). Tapi dua rekan kita itu hanya menyebut hujatan dari dua kelompok orang, yakni mereka yang lewat di situ dan para imam kepala bersama ahli Taurat. Sumber khusus saya memuat cercaan yang diucapkan seorang dari dua penjahat yang disalibkan bersama Yesus. Juga saya temukan catatan berharga mengenai penjahat lain yang menegur kawannya yang menghina Yesus tadi. Katanya, apa tak takut kepada Yang Mahakuasa, kita ini memang pantas dihukum, tapi orang ini – maksudnya Yesus – tak bersalah (ayat 40-41). Kemudian ia malah minta Yesus mengingatnya apabila nanti datang sebagai Raja (ayat  42). Dan Yesus pun berjanji, hari itu juga orang itu akan ada bersama dia di dalam Firdaus (ayat 43).

Ketiga macam orang tadi sesungguhnya tidak mau percaya bahwa Yesus datang untuk menyelamatkan, melepaskan manusia dari marabahaya sehingga bisa terus hidup sampai akhir perjalanan. Dengan begitu mereka menyangkal semua upaya penyelamatan yang dilakukan Yesus sepanjang hidupnya: menyembuhkan, memberitakan Kerajaan Allah, mengusir setan, mengajar tentang Bapanya, memilih murid-murid untuk meneruskan kegiatannya. Tetapi Yesus tidak menuruti godaan untuk turun dari salib menyelamatkan diri. Sama seperti di padang gurun dulu, ia tidak membiarkan godaan menyeretnya ke tempat lain (Luk 4:1-13). Dari mana dia punya kekuatan bertahan ini? Saya kira karena ia sadar bahwa tujuan perjalanannya ialah mencarikan keselamatan bagi orang lain, bukan bagi diri sendiri. Juga sudah terlalu banyak orang yang mengikutinya, kan tidak fair bila tinggal gelanggang. Dan siapa yang akan menanggung orang yang disalibkan di sampingnya yang sedemikian mempercayakan diri kepadanya itu? Ah, tak satu domba pun akan ditinggalkan di jalan kehancuran, tak satu mata uang yang terselip pun akan dilupakan, setakpantas apapun anak yang kembali akan menggembirakan (Luk 15:1-32). Tapi siapa yang akan mengurus mereka kalau ia berhenti? Para pemangsa yang tak kelihatan sudah siap di sekitar, dan mereka semakin menjadi-jadi. Yesus itu lifeline dari atas sana bagi manusia yang terancam. Kalau putus bagaimana?

NOBLESSE OBLIGE

Harapan, kecemasan, dan penderitaan manusia,  itulah yang membuat Yesus maju terus. Penderitaan tidak hanya menyakitkan tapi bisa menebalkan integritas siapa saja yang menaruh diri menjadi sesama bagi yang menderita (bdk. Luk 10:25-37 tentang orang Samaria yang jadi sesama bagi orang yang malang). Jalan terus sampai akhir,  itulah mahkota menjadi sesama bagi manusia. Ia itu Raja yang tak membiarkan orang sendirian di tengah bahaya. Tindakan Yesus itu pernyataan teologis yang amat berani: Tuhan dimuliakan karena peduli dan berhasil jadi sesama bagi manusia! Inkarnasi bukanlah Yang Ilahi “nitis” dalam diri manusia pilihan, melainkan menjadi orang yang mengerti kelemahan manusia, yang peduli akan keadaan manusia.

Di antara orang-orang yang melihat kejadian di Golgota itu tentunya ada juga yang ikut mengelu-elukannya sebagai raja ketika datang memasuki Yerusalem (Luk 19:28-38 Mat 21:1-11 Mrk 11:1-10 Yoh 12:12). Matt bicara mengenai orang-orang bijak tahu bahwa seorang raja baru lahir dan mau menyatakan hormat kepadanya (Mat 2:2 dan 11). Itu kebahagiaan orang yang bijak. Namun kehadirannya langsung menjadi ancaman bagi orang yang lalim – Herodes. Kini di Golgota ia dikitari kelaliman yang sampai tiga kali menguaknya. Dan orang banyak melihat semua itu. Tetapi mereka belum siap mengambil sikap.

Satu-satunya tokoh yang berbicara, baik dengan pencemooh maupun dengan Yesus, ialah penjahat yang sadar tadi. Begitulah ia bisa menjadi tuntunan suara hati orang. Tidak ikut-ikutan. Bahkan ia menegur kawannya. Ia mengakui patut dihukum. Kemudian ia minta kepada Yesus, agar mengingatnya nanti bila datang sebagai Raja. Orang itu sudah bisa berdamai dengan diri sendiri. Karena itu ia juga bisa melihat dan mengakui siapa sebenarnya Yesus itu. Para pemimpin tak bisa, juga para serdadu tak mampu. Mereka belum dapat berekonsiliasi dengan diri sendiri. Apalagi penjahat yang ikut-ikutan mengumpat tadi. Ia tak bisa menerima dirinya sendiri, maka tidak melihat siapa yang ada di sampingnya itu. Omong-omong, menurut Oom Hans, Pilatus mendengar dari Yesus sendiri penjelasan mengenai kedudukannya sebagai Raja, tetapi ia tidak menangkap (Yoh 18:33-38a). Mungkin itu cara Oom Hans menyampaikan bahwa untuk memahami Yesus sang Raja orang perlu bimbingan dari kebenaran sendiri. Tapi ah, Oom kita itu orang mistik. Saya menempuh jalan lain. Saya mau bilang, sejahat-jahatnya orang, kalau sudah bisa berdamai dengan diri sendiri, akan menemukan kebenaran. Karena itulah saya anggap penting memasukkan perkara itu dalam tulisan saya.

Jawaban Yesus (ayat 43) itu saya dapati dalam himpunan perkataannya yang beredar pada waktu saya mulai menulis. Dag-dig-dug hati saya, rasanya ia sedang berbicara kepada saya juga meskipun saya belum sepasrah orang yang disalibkan di samping Yesus itu. Kata pembimbing rohani, masih ada beban yang perlu dibenahi dulu. Tetapi kata-kata Yesus itu menyapa terus dan serasa ada daya luarbiasa yang mendorong menuliskan semuanya sampai plong. Berada kembali di Firdaus! Byaar! Seperti ketika manusia diciptakan dalam gambar dan rupa Pencipta sendiri (Kej 1:26-27). Pernah dengar cerita orang bijak mengenai Yang Mahakuasa ketika mengusir manusia dari Firdaus karena melanggar perintahnya (Kej 3:23)? Sebelum mengeluarkan mereka, ia membuatkan mereka pakaian dan mengenakannya sendiri pada mereka (Kej 3:21). Kiranya ini cara-Nya mengatakan bahwa Ia tidak membenci manusia walau mereka dikenai-Nya hukuman. Ia menunggu mereka selesai menjalani hukuman dan kembali ke Firdaus. Diam-diam Ia tetap menyertai manusia dalam ujud suara hati yang bisa didengarkan dan yang menuntun di jalan setapak kembali ke Firdaus lewat jalan lain yang tidak dihadang penjaga berpedang api. Ini bukan hasil anganan. Lihat yang terjadi di Golgota! Apa yang dilakukan suara hati si terhukum yang berdamai dengan diri sendiri itu? Si terhukum itu menemukan jalan kembali ke Firdaus, dan bukan sendirian, melainkan bersama dengan Yang Punya Kuasa – dengan Raja itu! Yang Mahakuasa itu punya seribu satu cara menggapai manusia yang kehilangan arah. Dan taruh kata manusia putus asa, mblungker dan Tuhan sendiri sudah mau mutung kehabisan akal, masih ada “pengurus kebun” yang tak takut memintakan kelonggaran. Perumpamaan ini pernah saya sampaikan dalam Luk 13:1-9. Kalian yang mendampingi orang percaya akan mendapat kekuatan luar biasa bila belajar dari ketekunan serta keberanian pengurus kebun itu.

INRI

Mungkin ada yang ingin tahu tentang tulisan di kayu salib yang disuruh pasang oleh Pilatus. Memang dari kami berempat hanya Oom Hans sajalah yang pernah melihatnya sendiri. Tapi karena bukunya baru terbit lama sesudah kami bertiga selesai menulis, kesaksiannya tidak sempat kami kutip. Ia mencatat begini (Yoh 19:19) “Yesus orang Nazaret, raja orang Yahudi” yang katanya “…ditulis dalam bahasa Ibrani, Latin, dan Yunani” (ayat 20). Latinnya sering kalian lihat: “Iesus Nazarenus, Rex Iudaeorum”, disingkat jadi INRI. Sumber Mark hanya memuat “Raja orang Yahudi” (Mrk 15:26). Tapi Mark juga menegaskan, Yesus disalibkan karena ia Raja orang Yahudi. Matt mengikuti Mark dan membuat kalimatnya lebih terang dengan menyebut nama Yesus: “Inilah Yesus, raja orang Yahudi” (Mat 27:37). Semaksud dengan mereka, saya menyampaikannya sebagai “Inilah raja orang Yahudi” (Luk 23:38). Catatan kami bertiga pada dasarnya cocok dengan yang dilihat dan diingat oleh Oom Hans. Jadi kami berempat melaporkan bahwa tulisan yang disuruh pasang oleh Pilatus itu menandai siapa yang disalib di situ, yakni raja orang Yahudi, dan itulah alasannya ia disalibkan. Tulisan itu bukan dimaksud untuk menghina orang Yahudi, bukan pula untuk melecehkan Yesus seperti disangka beberapa penafsir. Pilatus tak butuh mengolok-olok. Ia mau menandaskan bahwa ia punya wewenang mensahkan hukuman bagi raja orang Yahudi, bukan orang yang diaku-akukan demikian. Pilatus tetap pada putusannya itu ketika imam-imam kepala Yahudi, seperti diingat Oom Hans, sia-sia mendesak agar rumusan tulisan itu diubah menjadi “Ia mengatakan: Akulah Raja orang Yahudi” (Yoh 19:21). Pilatus tegas,  “Yang sudah kutulis tetap tertulis!”

MOHON DIRI

Rekan-rekan yang baik, dengan ini saya juga mau pamitan. Setahun genap saya sering bertamu di ruang Alkitab. Tahun ini menyenangkan, antara lain karena sering diundang ke Roma. Terkenang kembali tahun-tahun menunggui Paul keluar masuk bui kena perkara politik, juga sampai saat-saat terakhir hidupnya. Apartemen saya dahulu bagian rumah Linus yang pernah dipakai Simon Petrus bersama asistennya, Mark, yang pindah ke Roma dari Yerusalem. Sepeninggal Simon Petrus, Mark membuat diktat ringkas yang beredar awal tahun 70-an di kalangan mereka yang penasaran ingin kenal siapa Yesus.  Dalam jangka 10 tahun setelah itu bermunculan beberapa bahan lain. Oleh karena itu saya membuat survei baru, menganalisisnya dengan teliti, lalu mengolahnya menjadi narasi supaya gampang ditangkap, sambil tetap memanfaatkan teks Mark yang cekak aos itu. Garis besarnya sudah saya singgung dalam surat perkenalan beberapa waktu yang lalu. Beberapa tahun sebelum saya, hal serupa dikerjakan pula oleh Matt. Tapi ia lebih banyak menyusun kembali catatan Mark serta meluaskannya, biasanya dengan  menyertakan bahan-bahan baru sambil menunjukkan hubungannya dengan Kitab Suci orang Yahudi. Gus akan menjelaskan selebihnya nanti bila sempat. Hari-hari ini ia pergi konferensi entah mengenai apa di benua lain, lalu katanya akan ikut pertemuan di Venezia sambil tengok Mark di sana dan pulangnya mau mampir Padua menziarahi ke relikui saya! Kata orang, ada juga saya di Praha. Malah tanpa mengajak bicara saya sendiri, satu tim ahli kedokteran, sejarah, dan teolog (!) memutuskan berdasarkan penelitian dari th. 1998 hingga awal th. 2004, bahwa kepala yang ada di Praha itu cocok bila dipasangkan di badan yang ada di Padua dan diperkirakan berasal individu yang sama, namanya “Loukas” seperti tertera di petinya, usia sekitar 84 tahun, jarang sakit kecuali encok tulang punggung di usia tua. Siapa itu ya? Jangan-jangan memang saya! Tapi mengapa mereka samasekali tidak bicara mengenai Luculius, kawan setia yang selalu digambar bersama saya?

Luculius itu lembu yang bertahun-tahun menarik gerobak saya. Dia pensiun ketika tidak kuat lagi naik tanjakan dan mesti didorong beramai-ramai bersama anak-anak di jalanan. Sehabis ngos-ngosan begitu, kami istirahat dan anak-anak itu minta upah diceritain tentang zaman dulu. Sebagian dari cerita-cerita itu kemudian jadi Kisah Para Rasul. Anak-anak itu senang dengar Paulus menang sihir-sihiran melawan Elimas (Kis 13:6-12), mereka menikmati cerita mengenai tujuh dukun yang dihajar kapok dan ditelanjangi orang kerasukan setan (19:13-20), dan terharu oleh kisah tentang Eutikhus, remaja yang jatuh dari lantai ketiga karena tertidur sewaktu Paulus berkhotbah tapi syukur Paulus menghidupkannya kembali (20:7-12). Luculius tua ini kemudian lebih suka duduk seharian memamah biak dan menemani saya menulis. Ada yang tanya apa Luculius membisiki tentang orok yang terbungkus kain lampin dan dibaringkan di palungan (Luk 2:7) milik turun temurun keluarganya! Agak berlebihan juga fantasi beberapa pelukis bahwa Luculius punya sayap dan dulu suka menerbangkan saya pulang pergi Roma-Yerusalem riset buat jilid satu saya. Ah, Luculius, lembu tuaku itu! Selama saya bepergian, ia tinggal bersama anak cucunya di ranch milik benefaktor kami, Sir Theophilus, yang mengira di Roma sini saya naik kodok sampai Luculius terpingkal-pingkal.

Rekan saya Matt sudah berjanji menyertai kalian mulai Adven nanti. Ia itu kayak guru kalau menjelaskan, serba teratur, terencana jauh-jauh. Pasti ia akan tuntas mengutarakan hal-hal yang belum sempat saya jelaskan. Mudah-mudahan pula Gus masih bisa membantu. Dan kalian akan tetap saya ingat dalam pembicaraan dengan Oom Hans, Oma Miryam, dan Mbak-mbak Martha dan Maria serta kawan-kawan lain. Mudah-mudahan bagi kalian kami juga bukan hanya serangkaian huruf yang tercetak dalam Alkitab.